Selasa, 06 Juli 2010

APLIKASI MULTIMEDIA




METODE YANG EFEKTIF UNTUK MI


BAB I

PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Mengajar bukan hanya menyampaikan bahan pelajaran pada siswa, melainkan yang terpenting adalah bagaimana bahan pelajaran tersebut dapat disajikan dan dipelajari oleh siswa secara efektif dan efesien. Dalam pembelajaran sangat diperlukan adanya cara atau teknik untuk mencapai adanya tujuan pembelajaran. Agar tujuan pembelajaran tersebut tercapai dengan baik maka diperlukan kemampuan dalam memilih dan menggunakan metode mengajar. Apabila kemampuan tersebut telah anda miliki, maka anda akan lebih mudah dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

B. Rumusan Masalah
1. Prinsif Dan Fungsi Metode Mengajar Dalam Pembelajaran
2. Pentingnya Metode Mengajar Delam Mencapai Tujuan Pembelajaran




BAB II
PEMBAHASAN
METODE MENGAJAR YANG EFEKTIF UNTUK MI


1. Prinsif Dan Fungsi Metode Mengajar Dalam Pembelajaran

Metode mengajar merupakan komponen yang harus ada di dalam kegiatan pembelajaran. Pada dasarnya metode mengajar ini merupakan cara atau teknik yang digunakan guru dalam melakukan interaksi dengan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung.
Ada beberapa prinsip yang perlu anda perhatikan dalam penggunaan metode mengajar ini, prinsip tersebut terutama berkaitan dengan factor perkembangan kemampuan siswa, diantaranya :
  • Metode mengajar harus memungkinkan dapat membangkitkan rasa ingin tahu siswa lebih jauh terhadap materi pelajaran (curiosity)
  • Metode mengajar harus memungkinkan dapat memberikan peluang untuk berekspresi yang kreatif dalam aspek seni
  • Metode mengajar harus memungkinkan siswa belajar melalui pemecahan masalah
  • Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk selalu ingin menguji kebenaran sesuatu (sikap skeptis)
  • Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk melakukan penemuan (berinkuiri) terhadap sesuatu topik permasalahan
  • Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk mampu menyimak
  • Metode mengjar harus memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri (independent study)
  • Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk belajar secara bekerja sama (cooperative learning)
  • Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk lebih termotivasi dalam belajarnya

Prinsip-prinsip tersebut dalam prosesnya merupakan esensi dan karakteristik dari masing-masing metode mengajar.

Penggunaan metode mengajar dalam pembelajaran ditinjau dari segi prosesnya memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut :
  • Sebagai alat atau cara untuk mencapai tujuan pembelajaran. Setiap pembelajaran harus bertujuan, sehingga dalam proses pembelajarannya akan memerlukan suatu cara dan teknik yang efektif yang memungkinkan dapat mencapai tersebut.
  • Sebagai gambaran aktivitas yang harus ditempuh oleh siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran.
  • Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan alat penilaian pembelajaran. Karakteristik metode mengajar dapat dijadikan pertimbangan untuk penilaian, misalnya kegiatan pembelajaran yang menggunakan metode ceramah, Tanya jawab akan berbeda penilaiannya dengan metode demonstrasi atau latihan /praktek.
  • d. Sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan bimbingan dalam kegiatan pembelajaran, apakah dalam kegiatan pembelajaran tersebut perlu diberikan bimbingan secara individu atau kelompok.

Memperhatikan beberapa prinsif dan fungsi metode mengajar di atas, betapa metode mengajar ini sangat menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu guru dalam melaksanakan pembelajaran harus secara analisis dan fleksibel menentukan metode apa yang harus digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran sacara efektif dan efesien.

2. Pentingnya Metode Mengajar Delam Mencapai Tujuan Pembelajaran

Seperti telah dikemukakan dahulu bahwa metode mengajar memiliki keterkaitan yang kuat dengan tujuan pembelajaran. Keterkaiatan tersebut dapat dilihat dari gambaraan perilaku yang harus dimiliki oleh siswa setelah jam pelajaranselesai dengan cara yang harus ditempuh untuk mencapai perilaku tersebut.
Misalnya pada mata pelajaran SKI di kelas IV (empat), untuk satu tujuan pembelajaran khusus metode apa yang dianggap tepat untuk mencapaui tujuan tersebut.
Tujuan Pelajaran Khusus Alternatif Kegiatan
Siswa dapat menyebutkan pengertian Sejarah Kebudayaan Islam Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian Sejarah Kebudayaan Islam.
Siswa bertanya tentang Sejarah Kebudayaan Islam.

Contoh 1 : hubungan TPK dengan metode mengajar.

Rumusn tujuan pembelajaran (TPK) di atas dapat dicapai melalui elternatif kegiatan, diantaranya :
1) Siswa tersebut mendengarkan penjelasan guru tentang Sejarah Kebudayaan Islam
2) Siswa tersebut melaksanakan kegiatan Tanya jawab tentang Sejarah Kebudayaan Islam

Sehingga alternatif metode mengajar dalam pembelajaran dalam mencapai TPKtersebut cenderung akan menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab.



BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
  1. Faktor-faktor yang p[erlu dipertimbangkan dalam pemilihan metode mengajar diantaranya adalah factor tujuan pembelajara, karakteristik materi pelajaran, faktor siswa, faktor alokasi waktu, dan fasilitas penunjang.
  2. Pembelajaran merupakan kegiatan yang bertujuan yagng banyak melibatkan aktivitas siswa dan aktivitas guru. Untuyk mencapai tujuan pengajaran perlu adanya metode mengajar.
  3. Pemilihan metode mengajar harus mempertimbangakan pengembangan kemampuan siswa yang lebih kreatif inovatif dan dikondisikan pada pembelajaran yang bersifat problematsi. Pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar secara mandiri dan belajar secara kelompok.
  4. Metode mengajar memiliki fungsi sentral dalam pembelajaran diantaranya yaitu sebagai alat atau cara untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  5. Setiap pemilihan metode mengajar harus didasarkan pada hasil kajian antara prilaku yang diharapkan dengan cara yang akan ditempuh dalam pembelajaran.

B. Saran
Dalam penyusunan makalah ini kami tau makalah ini jauh dari kata sempurna, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran terutama khususnya dari dosen pengampu dan teman-teman umumnya agar makalah kami nantinya dapat lebih sempurna.



DAFTAR PUSTAKA


Drs. H. UDIN S, WINATA PUTRA, M.A., dkk, 2002, Strategi Belajar Mengajar, Universitas
Terbuka ; Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar